Scale Up Eduwisata COD Tegal Klopo Desa Pacet Mojokerto Berbasis Digitalisasi

Authors

  • Levi Martantina Politeknik Ubaya
  • Diah Anugrah Sharasanti Politeknik Ubaya
  • Agung Sriwardhani Politeknik Ubaya
  • Edith Primadiana Tedjokusumo Politeknik Ubaya

DOI:

https://doi.org/10.70427/smartdedication.v1i1.12

Keywords:

PKM Matching Fund, COD Tegal Klopo, Manajemen Pariwisata, Paket Wisata Camping

Abstract

Program Matching Fund (MF) berperan penting untuk kemajuan COD Tegal klopo dengan cara memberikan pelatihan administrasi keuangan, pelayanan pelanggan dan juga promosi. Pelatihan dilaksanakan selama 8 bulan secara bertahap, kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi persoalan sosial ekonomi. Pengabdian tersebut berlokasi di wilayah Kecamatan Mojokerto desa Pacet Mojokerto, Jawa Timur. Beberapa permasalahan yang dihadapi, antara lain: (1) dalam bidang pembukuan selama ini pihak pengelola tidak pernah melakukan pencatatan dan pengelolaan keuangan secara profesional (2) pelayanan pelanggan (3) dalam bidang manajemen yaitu kurangnya pemahaman mitra mengenai pengelolaan bisnis dan belum adanya jiwa entrepreneur. Dari pelaksanaan Program Matching Fund Vokasi 2023 Politeknik Ubaya banyak sekali kemajuan yang dirasakan baik oleh Mitra yaitu COD Tegal Klopo maupun dari Tim Politeknik Ubaya. Terkait dengan Pembenahan Tata Kelola Manajemen Pariwisata. Terkait dengan  Pengelolaan Wisata Alam Berbasis Teknologi (Atrantion) telah ditambahakan beberapa Media Sosial yang didalamnya terdapat foto-foto dan video konten yang bisa digunakan untuk memperkenalkan destinasi wisata COD Tegal Klopo serta untuk pengembangan wisata Camping COD Tegal Klopo telah dibentuk Manajemen Event berupa Paket Wisata Camping, yaitu Paket Wisata Family Camp, Family Camp Plus, Paket Adventure Camp, serta Paket Outbound. Terkait Pembenahan dan Pengelolaan Administrasi Wisata COD Tegal Klopo, COD Tegal Klopo telah merapikan laporan keuangannya menggunakan Aplikasi Si Apik. Adapun hasil yang didapatkan dari pengabdian ini  adalah peningkatan motivasi mitra dalam berwirausaha, promosi melalui media sosial, dan kesadaran untuk membuat pembukuan

References

Arief, A. K. A., & Tani, L. G. (2023). The Leadership Style and Teamwork. Asia Pacific Journal of Business Economics and Technology, 3(03), 74-94.

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.

Harto, B., Pramuditha, P., Rukmana, A. Y., Sofyan, H., Rengganawati, H., Dwijayanti, A., & Sumarni, T. (2023). Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung. Komversal, 5(2), 244-261.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28.

Idris, I. (2021). PENERAPAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Daiwi Widya, 8(3), 86-96.

Kanom, K., Darmawan, R. N., & Nurhalimah, N. (2020). Sosialisasi penerapan sapta pesona dalam perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24-32.

Lianardo, S., Sartika, K. D., Prasetyawati, Y. R., & Cahyadi, R. A. (2022). Pendampingan Digital Marketing Untuk Pemberdayaan UMKM. Journal of Servite, 4(2), 104-111.

López García, J. J., Lizcano, D., Ramos, C. M., & Matos, N. (2019). Digital marketing actions that achieve a better attraction and loyalty of users: An analytical study. Future Internet, 11(6), 130.

Waskito, S. B., Susilorini, S., & Sugiarti, R. PENGUATAN PERAN DAN PENINGKATAN KOMPETENSI PEMANDU WISATA LOKAL DI KRATON SURAKARTA HADININGRAT. Cakra Wisata, 17(1).

https://jadesta.kemenparekraf.go.id/atraksi/camping_ground

Downloads

Published

2024-01-31