Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.70427/smartdedication.v1i1.14Keywords:
Aplikasi, Quizizz, SiswaAbstract
Kegiatan belajar menggunakan aplikasi atau website untuk membuat lebih pembelajaran lebih menarik mulai ditetapkan pemerintah sejak penggunaan kurikulum merdeka Kebijakan ini dilakukan pemerintah untuk membuat pembelajaran bagi siswa sekolah tidak terlalu membosankan . Dengan adanya kebijakan tersebut maka terdapat perubahanmetode dalam penyampaian materi yang harus digunakan oleh para pengajar. Pembelajaran dengan menggunakan teknologi saat ini selaras dengan penggunaan E-Learning pada era 4.0. Pada penerapan pembelajaran secara daring ataupun secara langsung, ini masih mengalami kendala terutama pada antusias mahasiswa untuk belajar mengalami penurunan. Untuk mengatasi kendala ini, salah satu cara yang menarik dan menumbuhkan semangat siswa pembelajaran yang dilakukan yaitu menggunakan aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz ini merupakan media pembelajaran online (E- Learning) yang memiliki fitur game, kuis, diskusi, dan survei. Penelitian ini mengkaji tentang aplikasi Quizizz yang memiliki manfaat sebagai media pembelajaran yang efektif guna meningkatkan penguasaan dan motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa, Matematika dan sebagainya. Peneliti bermaksud mendesain kuis dengan menerapkan ke sekolah di SMP Negeri 4 Lubuklinggau
References
Arum, W.S.A. et al. (2021) ‘Apakah Perilaku Kreatif Guru memengaruhi Motivasi’, Jurnal Jendela Pndidikan, 01(03), pp. 176–185.
Bakri, A. (2021) ‘Peningkatan Kompetensi Paedagogik Guru Mata Pelajaran Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SMKN 2 Praya Tengah’, Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), p. 152. Available at: https://doi.org/10.33394/jtp.v6i2.4226.
Irawan, Christian Chandra, J. and Hendri (2022) ‘Pelatihan Quizizz Guna Meningkatkan Kemampuan Pendidik Dalam Mengevaluasi Belajar Siswa Pada SD Yadika 1 Jakarta Quizizz Training to Improve Educators’ Ability in Evaluating Student Learning at SD Yadika 1 Jakarta’, 2, pp. 305–312. Available at: https://jurnaldrpm.budiluhur.ac.id/index.php/Kresna/.
Kemendikbud. (2005). Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
Kinanti, M.D. and Subagio, F.M. (2020) PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INGGRIS BERBANTU APLIKASI QUIZIZZ KELAS IV SEKOLAH DASAR.
Nasution, H.F. (2017) ‘Urgensi Profesionalisme Guru di Pendidikan Sekolah Dasar’, AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.218.
Salsabila, U.H. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA’, Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), pp. 163–173. Available at: https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.
Srinawati, W. et al. (2020) ‘Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Keberhasilan Penilaian Bahasa Di Masa Pandemi Covid 19’, Prosiding Samasta, (2014), pp. 899–910.
Suharsono, A. (2020) ‘the Use of Quizizz and Kahoot! in the Training for Millennial Generation’, IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(2), pp. 332–342. Available at: https://doi.org/10.24071/ijiet.v4i2.2399.
Wiradnyana, I.G.A. (2021) ‘PELATIHAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU UNTUK’, 2(1), pp. 1–7.