Pengenalan Huruf dan Angka pada Pembelajaran Bermain di Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.70427/smartdedication.v2i1.144Keywords:
Pembelajaran Bermain, Pengenalan Huruf dan Angka, Pendidikan Anak Usia Dini, Media Interaktif, Pengabdian MasyarakatAbstract
Pengenalan huruf dan angka pada anak usia dini sangat penting untuk membangun dasar kemampuan literasi dan numerasi yang kuat. Namun, metode pembelajaran yang kurang menarik sering menjadi hambatan dalam memahami konsep dasar tersebut. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman huruf dan angka melalui media pembelajaran berbasis permainan interaktif yang dirancang agar anak-anak dapat belajar sambil bermain dengan pendekatan kreatif dan menyenangkan. Metode yang digunakan meliputi studi pustaka, pengembangan media berbasis teknologi, dan uji coba langsung pada kelompok anak usia dini di beberapa lembaga pendidikan.Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran ini berhasil meningkatkan motivasi belajar anak hingga 35% dan mempercepat pemahaman mereka terhadap huruf dan angka. Dari sisi guru, pelatihan yang dilakukan meningkatkan pemahaman terhadap teknologi interaktif sebesar 25%, dengan 90% peserta merasa puas terhadap modul pelatihan yang disediakan. Selain itu, 85% guru mampu menggunakan aplikasi secara mandiri, dan 90% melaporkan penggunaan rutin dalam pembelajaran sehari-hari. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis permainan interaktif tidak hanya efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman anak, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi teknologi guru. Program ini dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini, terutama dalam pengenalan huruf dan angka, meskipun tantangan akses teknologi di daerah pedesaan tetap perlu diperhatikan
References
Abdillah, R. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! dan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi’, Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 2(01), pp. 92–102. Available at: https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i01.1363.
Ambar Aditya Putra et al. (2023) ‘Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukasi Busy BookBagi Tenaga Pendidik Paud Aisyiyah Bandar Lampung’, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), pp. 3206–3210. Available at: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1753.
Andina, A. (2023) Game Interaktif Pengenalan Huruf dan Angka Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini dan Sekolah dasar. digilib.unila.ac.id. Available at: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73459.
Aryanti, P.G. et al. (2024) ‘Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD’, AJAD : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1). Available at: https://doi.org/10.59431/ajad.v4i1.282.
Dhika, H. et al. (2021) ‘Penyuluhan Data Mining Dengan Ensemble Learning Dalam Strees Pembelajaran Sekolah Saat Covid19’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 159–167. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v1i2.227.
Hermanto, A. (2021) ‘Perancangan Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Pada Anak Usia Dini Berbasis Android’, Jurnal Teknologi Pintar [Preprint].
Kuswanto, J., Rahman, A. and Dapiokta, J. (2022) ‘Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Daring’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), pp. 101–106. Available at: https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.252.
Maradu Sihombing et al. (2023) ‘Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Intraktif Berbasis Mobile Learning Pada Guru Taman Kanak-Kanak’, ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), pp. 8–14. Available at: https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.182.
Nalar Istiqomah and Novika, F. (2024) ‘Pengenalan Literasi Keuangan Pada Siswa PAUD Menggunakan Game Berbasis Web’, Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), pp. 190–204. Available at: https://doi.org/10.51622/pengabdian.v5i1.1949.
Peniarsih and Paryanti, A.B. (2020) ‘Pembelajaran Daring dan Edukasi COVID-19 untuk anak usia dini ( PAUD ) saat Pendemi Pendahuluan’, SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(2), pp. 220–227. Available at: https://jurnalbima.id/index.php/senada/article/view/40.
Pratiwi, N.K.A. and Tirtayani, L.A. (2021) ‘Multimedia Interaktif Sub Tema Profesi untuk Pembelajaran Anak Usia Dini’, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, p. 186. Available at: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35362.
Puspitasari, A.C.D.D., Karyati, Z. and Rahmawati (2022) ‘Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Di Tk Dian Pratama Jakarta Timur’, Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 3(1), pp. 132–137. Available at: https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.101.
Ramadhika, B. et al. (2023) ‘Pengenalan Alat Permainan Edukatif Berbasis Multimedia Interaktif bagi Guru TK Akhsanuttaqwim di Kelurahan Gunungpring, Magelang’, JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), 7(1), pp. 11–18. Available at: https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2023.v7i1.2156.
Ratnawati, D. and Vivianti (2021) Implementasi Media Belajar Membaca Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. dspace.uii.ac.id. Available at: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34836.
Safitri, Y. et al. (2024) ‘Penyuluhan kesehatan dan pemantauan perkembangan anak usia dini dengan pemanfaatan kuesioner pra skrining perkembangan di laboratorium Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru’, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 119–127.
Sidebang, R., Karo, K.B. and Ginting, B. (2024) ‘Penggunaan Media Buku Cerita Dongeng untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca Anak di SD Negeri 043952 Sukaramai Kabupaten Karo’, 1(2), pp. 177–181.
Sinta, M.J. (2021) ‘Pemanfaatan Game Edukasi Marbel Angka Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini Di Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas’, Doctoral dissertation IAIN Purwokerto [Preprint]. eprints.uinsaizu.ac.id. Available at: https://eprints.uinsaizu.ac.id/11365/1/Cover_Bab I_ Bab V_Daftar Pustaka.pdf.
Sobiruddin, D. et al. (2020) ‘Pendampingan Bagi Guru RA di Pandeglang-Banten dalam Memanfaatkan Media ICT Berbasis Proyektor Interaktif’, Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), pp. 13–20. Available at: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.1892.
Sumaryana, Y., Junimaudan, , Ruuhwan, B.D. and Nurani, R.Z. (2024) ‘Pembelajaran Interaktif Stimulasi Anak Untuk Pengenalan Huruf , Angka , Dan Warna Berbasis’, SISITI: Seminar …, XIII(1), pp. 206–217. Available at: https://www.ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/1476.
Syaifullah, S. et al. (2023) ‘Optimalisasi Kemampuan Menulis Arab: Peningkatan Keterampilan Mengajar melalui Pelatihan Menulis Cepat bagi Pendidik PAUD Imtiyaz’, DEDIKASI: Jurnal … [Preprint]. Available at: https://www.e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/7600.
Syifaul Fuada and Nur Azizah (2023) ‘Penggunaan Augmented Reality di Google Chrome Android Sebagai Media Pengenalan Binatang Pada Anak Usia Dini’, Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 9(1), pp. 56–64. Available at: https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.550.
Yanti Fauziah, P., Sevi Triana, R. and Susanti, T. (2023) ‘Pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini’, Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), pp. 36–48. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/57660.