Menguasai Keterampilan Abad 21: Pengenalan Problem Solving dan Coding pada Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Anjani Universitas Indraprasta PGRI
  • Puti Retno Ali Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Desi Novianti Universitaas Indaprasta PGRi

DOI:

https://doi.org/10.70427/smartdedication.v2i1.167

Keywords:

Coding, Keterampilan Abad 21, Problem Solving, Proses Produksi, Scratch

Abstract

SD 19 pagi Pal Merah masih menerapkan pembelajaran berdasarkan instruksi dari guru, sehingga siswa belum optimal untuk berpikir lebih kritis dalam pemecahan masalah terutama pemecahan masalah dengan menggunakan alat bantu seperti Coding. Faktor utama yang mempengaruhi hal ini adalah kurangya literasi digital baik guru maupun siswa, dan kurangnya pembelajaran tentang pemecahan masalah yang relevan dengan dunia nyata seperti pada bidang industri. Pengabdian kepada masyarakat ini telah berhasil meningkatkan literasi digital siswa dan mengenalkan kepada siswa cara menggunakan kode untuk mengatasi masalah terkait industri dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Penjelasan dan diskusi tentang proses produksi cokelat sebagai contoh masalah industri mengawali sesi ini, yang juga memberikan peserta praktik langsung menggunakan Scratch untuk mengatasi tantangan tersebut. Dengan demikian, dengan menggunakan Scratch, siswa sebagai peserta mampu memahami bagaimana cokelat dibuat dari bahan dasar menjadi produk jadi. Evaluasi yang dilakukan sebelum dan sesudah latihan memberikan bukti akan hal ini. Sebelumnya, hanya 22% siswa yang memahami masalah dalam proses produksi suatu produk; kini, 91% siswa memahaminya. Sementara itu, persentase siswa yang menggunakan teknologi untuk mengatasi masalah meningkat dari 13% di awal menjadi 83%, yang mampu memahami dan menggunakan perangkat teknis seperti Scratch untuk mengatasi kendala dalam proses produksi ini.

References

Akiba, D. (2022) ‘Computational Thinking and Coding for Young Children: A Hybrid Approach to Link Unplugged and Plugged Activities’, Education Sciences, 12(11). doi: 10.3390/educsci12110793.

Aulia, R. et al. (2024) ‘Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau’, 1(1), pp. 53–58. Available at: https://ejournal.smartscienti.com/index.php/Smart-Dedication/index.

Engagement, E. S. and Skills, P. (2024) ‘Ubiquitous Learning with Online Project-Scratch Programming: Enhancing Student Engagement and Developing Problem-Solving Skills’, jurnal edukasi elektro, 8(2), pp. 103–111.

Fenty, N. S., Pierce, A. and Schildwachter, J. (2021) ‘Coding Is Lit: Integrating Coding and Literacy in Early Childhood Inclusive Settings’, TEACHING Exceptional Children, 54(4), pp. 276–285. doi: 10.1177/00400599211010195.

Mashishi, T. C. and Ramaila, S. (2024) ‘Preservice Teachers’ Perceptions, Attitudes, and Challenges of Using Scratch as a Coding Tool to Foster Active Learning in Life Sciences Classrooms’, International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(9), pp. 472–497. doi: 10.26803/ijlter.23.9.24.

Nurhalizah, N. and Jayanti, U. N. A. D. (2023) ‘The Development of Scratch Software-Based Interactive Learning Media on Regulatory System Material’, Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 9(2), pp. 372–386. doi: 10.36987/jpbn.v9i2.4462.

Sidebang, R., Karo, K. B. and Ginting, B. (2024) ‘Penggunaan Media Buku Cerita Dongeng untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca Anak di SD Negeri 043952 Sukaramai Kabupaten Karo’, 1(2), pp. 177–181.

Su, S. and Chen, L. (2024) ‘Cultivating Creativity and Improving Coding Skills in Primary School Students via Domain-General and Domain-Specific Learning Scaffoldings Shih-Wen’, Education Sciences, 14.

Sun, L., Guo, Z. and Zhou, D. (2023) ‘Measuring development of young students’ coding ability through a graphical teaching intervention: further explanation of the effect of coding experience and coding interest’, Interactive Learning Environments, (March 2023), pp. 1–24. doi: 10.1080/10494820.2023.2190356.

Tan, W. L. et al. (2021) ‘Exploring the Effectiveness of STEAM Integrated Approach via Scratch on Computational Thinking’, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(12). doi: 10.29333/ejmste/11403.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Anjani, D., Retno Ali, P., & Novianti, D. (2025). Menguasai Keterampilan Abad 21: Pengenalan Problem Solving dan Coding pada Sekolah Dasar. Smart Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39–48. https://doi.org/10.70427/smartdedication.v2i1.167