Pemberdayaan Dan Pengetahuan Ekonomi Keluarga Melalui Program Pencegahan Stunting Pada Balita Didesa Jambo Mesjid Kota Lhokseumawe

Authors

  • Yusnidar Yusnidar Universitas Bumi Persada
  • Ayu Anora Universitas Bumi Persada
  • Azhari Azhari Universitas Bumi Persada

DOI:

https://doi.org/10.70427/smartdedication.v1i1.17

Keywords:

Pemberdayaan, Pengetahuan Ekonomi, Pencegahan Stunting

Abstract

Stunting adalah kondisi yang tidak normal di mana anak memiliki tinggi badan rendah. Ini terjadi karena kebutuhan nutrisi mereka kurang terpenuhi sejak lahir hingga berusia dua tahun. Tidak hanya orang dengan status sosial rendah yang mengalami stunting, tetapi juga orang yang mampu. Desa Jambo Mesjid memiliki tingkat stunting tertinggi, dengan 47 balita dari 83 balita. Sebagian besar penghasilan masyarakat berasal dari nelayan, yang memiliki penghasilan rata-rata hanya Rp.30.000-, hingga Rp.50.000-, perhari. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penyuluhan Pemberdayaan dan Penguatan Ekonomi Keluarga melalui Program Pencegahan Stunting Pada Balita.Selama 12 minggu, orang tua yang anaknya menderita stunting menerima ceramah dan arahan secara pribadi. Pertama kegiatan banyak yang tidak hadir sehingga penyuluhan dilaksanakan saat adanya posyandu dan diadakan demo masak. Dalam upaya ini bidan desa, pihak Puskesmas, Geushiek dan perangkat desa lainnya ikut serta membantu hal ini dikarenakan terdapat perbedaan pemikiran, anggapan, dan pemahaman yang berbeda. Kondisi geografis desa Jambo Mesjid yang relative dekat dengan pinggiran laut yang luas wilayah sebesar 42,5 hektar. Setelah dilaksanakan penyuluhan, Masyarakat jambo masjid mempunyai pemahaman tentang pengetahuan ekonomi untuk memenuhi bagaimana cara menyiapkan makanan bergizi untuk mencegah stunting dan akhirnya dapat menurun anggka stunting.

References

Adistik. (2018). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Deteksi Dini Stunting dan Stimulasi Tumbuh Kembang pada Balita.

al, E. n. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Strategi Percepatan Penurunan Stuntin.

Aryastami, N. &. (2017). Kajian Kebijakan Dan Penanggulangan Masalah Gizi Stunting Di Indonesia Policy Analysis On Stunting Prevention In Indonesia. . Buletin Penelitian Kesehatan,.

Astuti. (2020). pemberdayaan masyarakat dalam rangka stop generasi stunting. jurnal masyarakat mandiri, 156-162.

Candra. (2020). Pencegahan dan Penanggulangan Stunting.

Dasar, R. K. (2018). Riset Kesehatan Dasar.

Erista. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Strategi Percepatan Penurunan Stuntin.

indonesia, S. w. (2018-2024). Stranas Percepatan Pencegahan Anak Kerdil. jakarta.

Maryani. (2019). pentingnya pemberdayaan dan fungsi pemberdayaan dalam masyarakat.

MULIYADI, M. &. (2019). IBM Penanganan Stunting Di Desa Buntu Barana Kematan Curio Kabupaten Enrekang. Maspul juornal of community empowerment.

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas.

Sofiana. (2019). Peningkatan Pengetahuan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada Ibu Menyusui.

WHO. (2020). Word Health Organization .

Widyaningsih. (2019). Peningkatan Kepedulian Stakeholder Pembangunan dalam Mencegah Stunting di Desa Cangkuang Wetan Kecamatan Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung. jurnal pengabdian masyarakat.

Wiramihardja. (2019). Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Dalam Mendeteksi Dan Mencegah Stunting.

Downloads

Published

2024-01-29