Pelatihan Membuat Animasi 3D Dengan SketchUp Di SMK Pantai Labu
Keywords:
Pelatihan, Animasi 3D, SketcUpAbstract
Salah satu tridarma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM sehingga mampu bersaing di dunia kerja yang semakin berkembang pesat. SDM berkualitas dan siap bersaing memerlukan adanya sebuah pendidikan berkualitas yang mencetak lulusan yang mempunyai daya fikir cerdas, berkompetensi dan berkepribadian baik. Untuk itu kami sebagai tim pengabdian melaksanakan pengabdian masyarakat di SMK Pantai Labu dengan topik “Pelatihan Membuat Animasi 3D Menggunakan SketchUp”. SMK Pantai Labu memerlukan ketrampilan khusus akan penguasaan teknologi agar memiliki pandangan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun sebagai bekal di dunia kerja pasca lulus sekolah. Tujuan pelatihan ini yaitu memberikan pengetahuan kepada Siswa SMK Pantai Labu tentang teknologi animasi 3 dimensi serta cara penggunaan software SketchUp. Metode pelatihannya yaitu pengenalan animasi 3D, software SketchUp dan PreTest untuk mengetahui keminatan Siswa, pemberian materi pelatihan dan evaluasi berupa Post Test. Hasil Kegiatan Pengabdian berdasarkan posttest terdapat 47% siswa memiliki pengetahuan dan minat belajar dalam membuat animasi 3 dimensi.
Downloads
References
Adly, E., Widodo, W., Rahmawati, A., & Harsoyo, Y. A. (2021). Desain Perencanaan Taman Wisata Dusun Mrisi Menggunakan Aplikasi SketchUp 3D ( Design of Tourist Park in Mrisi village using the 3D SketchUp Application ) serta olahraga . Terdapat danau , sungai , serta hamparan sawah yang bisa diminati oleh nya adalah m. JAST : Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 5(2), 92–101.
Agus Susilo1, Andriana Sofiarini2, Tiara Anggra Yeni3, Y. P. P. (2021). Pelatihan Media Animasi sebagai Sarana Pemicu Konsentrasi Belajar Anak Bagi Guru-Guru SMP Negeri Muara Lakitan. 1–12.
Djafar, I., Hasyrif, H., Nurdiansah, N., Bahtiar, A., & Harlina, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Pada Smk Negeri 1 Jeneponto. Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS), 3(2), 124–134. https://doi.org/10.53067/icjcs.v3i2.118
Pratama, R., & Putri, R. D. M. (2020). Penerapan Animasi 3D pada Media Pembelajaran Mengenal Huruf Vocal untuk Anak 2-4 Tahun. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 1099–1110. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020762175
Priyono, D., Ramdhani, A., Hardian, R., & Gunawan, S. (2021). Pelatihan Online Pembuatan Aset Animasi 3 Dimensi Sebagai Upaya Mengembangkan Lifeskill Siswa SMA Pgri 1 Taman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(1), 131–139. https://doi.org/10.30591/japhb.v4i1.1976
Putro, R. D. S. (n.d.). STUDI TENTANG PENERAPAN MEDIA 3D SKETCHUP DALAM PEMBELAJARAN DI SMK. 1–5.
Raniasti, I., Reza Fahlevi, A., Claudia Larasati, M., Joshua Rundengan, M., Khasani, I., Tinggi Desain Interstudi Jalan Kapten Tendean No, S., Mampang, P., Mampang Prapatan, K., Jakarta Selatan, K., & Khusus, D. (2022). “Basic Sketchup & 3D Blender.” 185–190.
Syahputra, H., Mahessya, R. A., & Jamhur, A. I. (2021). Sosialisasi aplikasi sketchup untuk umkm komunitas hobi kayu padang dalam mendesain produk interior. Jurnal Nasional Ilmu Komputer, 2(2), 103–111.
Syndhe Qumaruw, Septa, and D. R. (2024). PELATIHAN MEMBUAT MODEL 3D SEDERHANA MENGGUNAKAN. 2(4), 188–193.
Trisjanti, L. I., Putra, H. A., Hastorahmanto, P. S., & Roosandriantini, J. (2024). Pelatihan 3D Model dan Pemahaman Arsitektur Nusantara Pada Tenaga Pengajar SMK St. Louis Dengan SketchuUp. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 15. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1842
Zebua, T., Nadeak, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18–21.